Cara Buat Semur jengkol Kampung

Cara Buat Semur jengkol Kampung – Pada siang kali ini saya akan mengajarkan anda untuk merasakan nikmatnya masakan dari kampung, Okelah tampilan bolah sederhana boleh biasa-biasa saja tapi kalo ditanya rasa heumm yamiie. Di daftar resep terbaru kali ini saya akan membagikan makanan yang dibuat dari bahan Jengkol. Uhh taukut bau yah?, tenang saja karna saya juga akan membagikan tipsnya agar tidak bau sehingga anda bisa memakan jengkol tanpa anda rasa bau sama sekali. Eh-eh tau gasih? sebenarnya jengkol itu nikmat kalo engga mau makanya anda jangan lewatkan memoen resep makanan kampung yang memiliki rasa nikmat ini. Kebayang ga, liatin gambarnya aja bikin ngiler nah apa lagi jika langsung memakannya.

Advertisement

Dalam daftar terbaru pencarian resep nikmat pada kesemapatan kali ini saya akan membagikan Cara Masakan Semur Jengkol Kampung, Jenis masakan ini sebenarnya memiliki kuah dari bumbu yang dibuat sih, tapi buat anda yang suka dengan bumbunya dan jangkelonya saja oke, itu tidak mamsalah. adapun cara membuatnya masakan ini dibuat dengan cara yang sangat mudah lho, anda bisa kok mencoba resepnya apa lagi jika anda jadikan resep harian uhh nikmat dhe.

Oke tidak lama saya juga akan membagikan langsung cara membuatnya, sehingga anda juga tidak membuang banyak waktu dalam memilih resep hari ini, berikut adalah Proses Pembuatan Semur jengkol. :

Semur jengkol

Bahan-Bahan Membuat Semur jengkol :

  • Cabai rawit 6 btr
  • Kemiri 2
  • cabai merah 3 btr
  • Sereh 1 batang
  • Jengkol secukupnya (Rendam Semalaman)
  • Lada 1/2 sdt
  • Ketumbar 1/2 sdm
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Jahe 1 cm
  • penyedap rasa secukupnya
  • Kunyit 1 cm
  • Lengkuas 1 cm geprek
  • Daun jeruk/salam 3 lbr saja

Nah setelahi sudah anda siapkan bahan-bahan diatas anda bisa langsung membuatnya dengan cara ya mudah, oh iya tips membuat agar jengkol ta bau, anda bisa merendamnya seharian agar zat bau yang ada dalam jengkol pindah pada air rendaman tersebut hehe. Oke langsung cekidow ke resep pembuatanya.

Cara Pembuatan Semur jengkol :

  1. langkah awal anda bisa menguleg jenis-jenis bahan yang sudah anda haluskan seperti jahe dan kunyit, nah anda bisa menguleg atau bisa menggunakan blender yang penting hasilnya bumbu tersebut halus.
  2. Selanjutnya baru anda rebus jengkol dengan menggunakan dau dalam/ jeruk ini juga bisa berfungsi untuk menghilangan bau jengkol yang menyengat.
  3. Jika jengkol sudah terasa empuk anda bisa meniriskanya, dilanjutkan dengan menumis jenis-jenis bumbu halus seperti lengkuas serta sereh sampai tercium bau harum, anda bisa tambahkan air, diamkan dan masukan jengkol yang barusan anda tiriskan sebelumnya.
  4. Jika sudah baiknya anda aduk agar bumbunya merata dan masukan juga gula dengan penyedap rasa Semur jengkol siap anda santap.

Semur jengkomerupakan salah satu jenis masakan kampung yang memiliki rasa yang sangat nikmat nah dangan itu saya juga akan memberikan resepnya untuk anda, sehingga resep tersebut bisa anda buat sekarang juga, sekian saja info masakan dari saya dan terus nantikan resep terbaru.

 

 

Cara Buat Semur jengkol Kampung | Saefudin Maulana | 4.5